Beranda » Budidaya lele » 4000 Lele Ditebar di Rumdin Wagub Bengkulu

4000 Lele Ditebar di Rumdin Wagub Bengkulu

TWITTER

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

Anda Pengunjung ke

  • 104,121

Arsip

Alexa

>

Review www.omahtani.wordpress.com on alexa.com

GADING CEMPAKA, BE – Empat kolam lele sederhana di perkarangan Rumah Dinas (Rumdin) Wagub Bengkulu ditebari setidaknya 4.000 bibit lele jenis Sangkuriang. Bibit lele unggul tersebut bantuan dari BI (Bank Indonesia) Bengkulu. Penyerahan dan penebaran bibit lele di kolam ukuran 5 x 3 meter di perkarangan belakang Rumdin Wagub yang ditempati Plt Gubernur H Junaidi Hamsyah bersama anggota keluarganya dan karyawan rumah tanggan Rumdin Wagub dilakukan kemarin sekitar pukul 13.15 WIB.


Diceritakan Plt Gubernur H Junaidi Hamsyah SAg MPd, awal mulanya ketertarikannya saat melihat pengembangbiakan lele di Desa Srikaton Kecamatan Podok Kelapa yang dibina pihak BI Bengkulu. “Saya teringat lapangan di belakang Rumdin ini masih kosong, sangat luas. Sayang kalau tidak dimanfaatkan oleh karyawan rumah tangga Rumdin Wagub,” tuturnya.

Lantaran, lanjut Junaidi, kawan-kawan rumah tangga di sini lebih banyak waktu luang. Daripada tidak ada kegiatan, lebih baik diisi dengan kegiatan yang positif. Apalagi, memelihara lele ini sangat mudah, asal bertanggungjawab merawatnya saja.

“Dengan harapan karyawan rumah tanggan Rumdin Wagub mendapat ilmu mengembangbiakan lele dan dapat menambah penghasilan.

Peliharanya muda, menjualnya pun tak susah. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Causa atas bantuannya dan Pak Dedeh yang bersedia mendamping dan mencurahkan ilmunya ke kawan-kawan,” tutur Junaidi. Semetara Pimpinan BI Bengkulu Causa Iman Karana menuturkan, pembudidayaan lele ini sangat mudah asalkan ada niat memeliharanya dengan baik. Tak perlu khawatir bagaimana menjualnya, saat ini sudah banyak pihak yang ingin membeli lele.

“Kalau pembeli datang langsung harganya sekitar Rp 13 ribu per kilo, dijual sendiri kisaran Rp 15 ribu per kilo. Hasilnya lumayan, kita baru panen sekitar 2 ribu ekor, hasilnya mencapai Rp 5 juta,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, di kemudian hari pembudidayaan lele ini dapat diperluas pengembangannya. Soalnya, memeliharanya tidak memakan waktu yang banyak, kalau pekerjaan sudah selesai, karyawan rumah tangga Rumdin memelihara lelenya.

“Insya Allah Pak Plt dalam waktu dekat pihak DKP pusat akan mengunjungi desa binaan BI. Mereka begitu simpati melihat kegiatan rumah tangga di Desa Srikaton, hampir seluruh warga memiliki usaha kolam lele,” ungkapnya.

Acara pelepasan bibit lele Sangkuriang dihadiri para karyawan rumah tangga Rumdin Wagub. Juga turut hadir Ketua PWI Bengkulu Sukatno SPd, para staf BI Bengkulu serta pendamping pengembangbiakan lele,

Sumber Bengkulu Ekspres

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: