Beranda » Budidaya lele » 77,9 Persen Pembudidaya Ikan Air Tawar Usia Produktif

77,9 Persen Pembudidaya Ikan Air Tawar Usia Produktif

TWITTER

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

Anda Pengunjung ke

  • 106,569

Arsip

Alexa

>

Review www.omahtani.wordpress.com on alexa.com

Sebanyak 77,9 persen kepala Rumah Tangga Perikanan Budidaya air tawar berada pada usia produktif. Hal inilah yang terungkap dari hasil survey social ekonomi perikanan budidaya air tawar yang dilaksanakan oleh subdit data dan statistic terhadap 13 provinsi penghasil perikanan budidaya air tawar di Indonesia.

Dari hasil survey yang mengambil sampel di 26 lokasi kabupaten/kota yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa usia kepala rumah tangga perikanan budidaya air tawar Indonesia, sebanyak 11 persennya berusia di bawah 30 tahun, usia 31 – 50 tahun sebanyak 66,9 persen dan di atas 50 tahun sebesar 22,1 persen. Hasil survey ini menunjukan bahwa sector perikanan sangat diminati oleh kalangan usia produktif untuk dijadikan tempat mencari penghasilan. Data survey ini juga menunjukan kalau usaha yang dilakukan tidak lagi hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja seperti yang tergambar pada awal perkembangan budidaya air tawar yang saat itu, budidaya masih menggunakan teknologi yang sangat sederhana dan pemberian pakan seadanya. Selain itu, di awal perkembangan perikanan budidaya masih kurang diminati oleh kalangan usia produktif.

Jika ditilik dari usia para pembudidaya tentu sangat menggembirakan lagi. Dari hasil survey sosek perikanan budidaya air tawar tersebut, sebanyak 58 persen pembudidaya memiliki pendidikan yang cukup tinggi, yaitu berpendidikan SMA dan Perguruan Tinggi. Melihat hasil survey ini maka dapat disimpulkan bahwa minat para sarjana untuk berusaha di perikanan budidaya cukup tinggi. Jika dahulu rata-rata tingkat pendidikan SD yang berminat di usaha perikanan budidaya maka sekarang mulai dilirik oleh para sarjana. Tentu pilihan para sarjana untuk berusaha di perikanan bukan tanpa alasan. Para lulusan sarjana tentu beralasan bahwa prospek perikanan budidaya sangat bagus di masa yang akan datang sebagai tumpuan hidup.

Pertumbuhan pembudidaya perikanan budidaya air tawar pun cukup menggembirakan. Setidaknya itulah yang tergambar dari hasil survey sosek perikanan budidaya air tawar. Sebanyak 62,5 persen pembudidaya baru mulai usaha pada tahun 2000-an. Ini pun menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang yakin bahwa berusaha di perikanan budidaya prospeknya sangat baik.

Latar belakang para pembudidaya melakukan usaha perikanan budidaya air tawar sebagian besar dilatar belakangi oleh pertimbangan ekonomi. Hal ini tentu menegaskan argument di atas bahwa usaha perikanan budidaya air tawar bukan hanya sekedar usaha sekedarnya saja tapai telah menjadi tumpuan para kepala rumah tangga sebagai penghidupannya.

Satu lagi hasil survey yang menunjukan bahwa perikanan budidaya air tawar merupakan usaha yang menguntungkan adalah bahwa sebagian besar pembudidaya hanya bergantung pada usaha perikanan dalam memenuhi keberlangsungan hidup dan hanya sebagian kecil yang menjadikan usaha perikanan budidaya sebagai usaha sambilan tambahan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa perikanan budidaya air tawar yang dulunya hanya dijadikan usaha sambilan tambahan. Kini telah dijadikan sebagai tumpuan para kepala rumah tangga sebagai mencari penghidupannya. Hasil survey ini juga mengatakan bahwa perikanan budidaya air tawar sudah sangat maju dibandingkan pada awal perkembangannya. Saat ini, telah banyak berkembang tekonologi budidaya air tawar. Tidak saja terbatas pada wadah kolam saja namun sudah berkembang pula budidaya di karamba, jaring apung, jaring tancap dan minapadi. Selain itu, pemberian pakan dan penebaran benih tidak dilakukan dengan cara sembarang namun telah ditemukan teknologi bagaimana teknik pemberian pakan yang cermat dan efisien serta seberapa banyak benih yang perlu ditebar dengan memperhatikan luasan lahan budidaya yang dimiliki.

Kedepannya, sebagaimana yang menjadi tekad Ditjen Perikanan Budidaya bahwa perikanan budidaya akan menarik para sarjana untuk berusaha dan melakukan riset di bidang perikanan budidaya sehingga perikanan budidaya pada umumnya akan terus maju dan berkembang.

HOME

BACK to News

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: