Beranda » Uncategorized » Mengapa Lele Digemari Warga Batam?

Mengapa Lele Digemari Warga Batam?

Anda Pengunjung ke

  • 176.437

Arsip

Alexa

>

Review www.omahtani.wordpress.com on alexa.com

foto

 

TEMPO.CO , Batam: Peternak ikan lele di Batam memprotes maraknya ikan lele asal Malaysia dengan mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batam, Kamis, 18 Oktober 2012. Mereka mempertanyakan banyaknya ikan lele Malaysia yang beredar di Batam.

“Ikan lele diselundupkan, sebab bila secara legal pasti diketahui pihak karantina,” kata peternak lele, Stefan, kepada Tempo. Oleh sebab itu, pihaknya minta agar pemerintah dan Dewan melindungi peternak ikan lele agar tidak terjadi gulung tikar. Sebab ikan lele asal Malaysia dijual dengan harga murah.

Meningkatnya kebutuhan ikan lele di Batam terjadi karena semakin banyaknya berdiri kedai-kedai pinggir jalan yang menjual pecel lele. Pecel lele tidak hanya menjadi sasaran para masyarakat biasa, tapi juga kelas menengah dan menjelajah ke hotel-hotel, puja sera, dan restoran.

Ikan lele merupakan ikan yang hidup di air tawar, sehingga masyarakat Batam sangat menyukainya. Sebab Batam sebagai daerah perairan, dibanjiri ikan laut.

Jumlah peternak ikan lele di Kota Batam saat ini sebanyak 2.000 orang. Mereka muncul sejak 1990 dengan 4.000 kolam serta 1.000 keramba. Para peternak lokal mampu memasok lele untuk masyarakat sebanyak delapan ton per hari, sedangkan kebutuhan riil sebanyak 16 ribu ton per hari.

RUMBADI DALLE

 

SUMBER : TEMPO


Tinggalkan komentar